Rabu, 16 November 2016

PENINGKATAN PESANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MELALUI ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN NETWORK


 Peningkatan Peranan Sistem Informasi Akuntansi Melalui Adopsi Teknologi Informasi Dan Network
E-bussiness
E-business untuk merujuk pada seluruh penggunaan tingkat lanjut dalam teknologi informasi, khususnya teknologi jaringan dan komunikasi, untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh proses bisnisnya
E-business bukan hanya merupakan interaksi eksternal organisasi dengan:
1. Para pemasok, pelanggan, investor,
2. Kreditor, pemerintah, dan media massa
Model-model E-bussiness
B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
 Kategori-Kategori E-Business
Jenis E-Business
1.                  B2C (Business to Consumers
2.                  B2B (Business to Business):
3.                  B2G (Business to government):
4.                  B2E (Business to education):
Karakteristik
1.Antara organisasi dengan perorangan
2. Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil
3. Transaksi tidak sering terjadi
4. Secara relatif sederhana
5.Antar organisasi
6. Nilai uang yang dilibatkan lebih besar
7. Hubungan yang kuat dan berkelanjutan
8. Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan
9.Lebih kompleks
Arus Informasi dalam E- Commerce
1.      Permintaan keterangan
2.      tanggapan
3.      pesanan
4.      pengakuan
5.      penagihan
6.      data pengiriman uang
7.      pembayaran
Financial Electronic Data Interchange (FEDI)
·      Penggunaan EDI untuk bertukar informasi hanyalah bagian dari hubungan pembeli-penjual dalam business-top business e-commerce.
·      Electronic funds transfer (EFT) merujuk pada proses pembayaran tunai secara elektronik, daripada mempergunakan cek.
·      EFT biasanya dicapai melalui sistem perbankan yaitu jaringan Automated Clearing House (ACH).

 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketika Mengevaluasi ASP-ASP
 Potensi manfaat  
  .         Menurunkan biaya
·         Upgrading otomatis atas versi software yang telah ada
·         Membutuhkan staf teknologi informasi lebih sedikit
·         Mengurangi kebutuhan atas hardware
·         Flexibilitas
·         Pengakuan
·         Keamanan dan privasi data Jenis E-Business      
Kekhawatiran
·         Kelangsungan ASP
·         Keamanan dan privasi data
·         Penyediaan dan kejelasan pelayanan
·         Dukungan yang tidak memadai atau tingkat respon yang rendah atas masalah
·         Pemakaian software standar yang mungkin tidak sesuai untuk memenuhi semua kebutuhan khusus
Penjualan dan Pemasaran
1. Perusahaan dapat menciptakan katalog elektronik di Website mereka untuk
mengotomatisasikan inout pesanan penjualan.
2.Signifikan mengurangi jumlah staf dengan cara meniadakan telepon,surat-menyurat atau pengiriman faks.
3.Dapat meningkatkan efektivitas pengiklanan dan mengurangi biayanya.

Faktor-faktor keberhasilan  E-Business
1.Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.
2.Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
3.Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu :
Validitas, Integritas, dan Privasi.

 Enkripsi
      Ada dua jenis utama sistem enkripsi :
Sistem kunci tunggal: Sama untuk melakukan enkripsi dan dekripsi pesan
Sederhana, cepat, dan efisien
      Contoh: Algoritma Standar Enkripsi Data
Infrastruktur kunci publik (IKP): Yang mempergunakan dua kunci :
Kunci Publik tersedia untuk publik dan biasanya dapat dipergunakan untuk mengkodekan pesan.  
Kunci Pribadi,  tetap rahasia  hanya diketahui oleh pemilik kedua kunci tersebut, dan biasanya dapat dipergunakan untuk mengkodekan pesan.
Jenis-jenis Jaringan
·         Bagian sendiri selanjutnya dapat dibagi ke dalam dua subsets:
1        Local area network (LAN) —  sistem  komputer dan perealaatn lainnya, seperti printer, yang lokasinya dekat antara satu dengan lainnya.
2        Wide area network (WAN) — mencakup wilayah geografis yang luas, dan seringkali global.
·         Perusahaan umumnya memiliki seluruh perlengkapan untuk LAN mereka
·         Mereka biasanya tidak memiliki koneksi komunikasi data jarak jauh untuk WAN mereka
·         Mereka mengontrak value-added network (VAN) atau mempergunakan Internet.
·         Internet adalah jaringan internasional komputer (dan jaringan-jaringan yang lebih kecil) yang saling berhubungan.
·         Apakah backbone internet itu ?
o   Backbone internet adalah hubungan yang menghubungkan komputer-komputer tersebut.
·         Beberapa bagian dari tulang punggung internet dimiliki dan dikelola oleh ISP-ISP besar
·         Apakah Intranet itu ?
·         Istilah intranet merujuk pada jaringan   internal yang menghubungkan ke internet utama
·         Intranet dapat dinavigasi dengan software browser yang sama dengan yang dipergunakan dalam internet, tetapi tidak dapat diakses oleh publik.
·         Apakah Ekstranet itu ?
·         Ekstranet yang menghubungkan intranet dari dua atau lebih perusahaan.
·         Baik  Internet atau VAN dapat digunakan untuk menghubungkan perusahaan yang berbentuk ekstranet.
·         Value-added networks (VAN) lebih dapat diandalkan dan lebih aman dari pada internet, tetapi mereka (VAN) juga lebih mahal
Komunikasi Data
Komponen-komponen Sistem
      Ada lima komponen-komponen dasar dalam suatu jaringan komunikasi data, yaitu :
1        Alat (tujuan)  pengiriman
2        Alat penghubung komunikasi
3        Saluran komunikasi
4        Alat penerimaan
5        Perangkat lunak komunikasi

      Berikut ini adalah komponen-komponen model komunikasi data:
        Alat penghubung
        Perangkat lunak komunikasi
        Saluran komunikasi

Alat Penghubung
      Ada enam alat penghubung komunikasi dasar yang digunakan dalam kebanyakan jaringan :
1        Kartu penghubung jaringan
2        Modems
3        Remote access devices
4        Hubs
5        Switches
6        Routers
Software komunikasi
      Software komunikasi mengelola aliran data melalui suatu jaringan.
      Software ini melaksanakan fungsi-fungsi berikut ini:
        Pengendali akses
        Pengelolaan jaringan
        Pengiriman data dan file
        Pendeteksi dan pengendalian kesalahan
        Keamanan data

Saluran Komunikasi
      Saluran komunikasi adalah media  yang menghubungkan peralatan pengiriman dan  penerimaan dalam jaringan komunikasi data. Saluran komunikasi yang umum adalah:
        Saluran telepon
        Kabel koaksial
        Kabel fiber optik
        Sistem gelombang
        Satelit komunikasi
        Radio selular  dan telepon.

Pilihan Konfigurasi Jaringan
      Local area networks (LANs) dapat dikonfigurasikan dalam satu untuk tiga cara dasar, yaitu:
1        Konfigurasi Bintang
2        Konfigurasi Cincin
3        Konfigurasi Bus
·         Di dalam konfigurasi bintang, setiap peralatan secara langsung berhubungan dengan server pusat.
·         Seluruh komunikasi antara peralatan dikendalikan dan dikirim melalui server pusat.
·         Biasanya, server akan mengumpulkan data setiap peralatan untuk melihat apakah peralatan tersebut ingin mengirim pesan.

·         Wide area networks (WANs) dapat dikonfigurasikan dalam satu untuk tiga cara dasar, yaitu:
1        sistem sentralisasi
2        sistem Desentralisasi
3        Proses data terdistribusi
·         Banyak WAN dan sebagian besar LAN dibentuk sebagai sistem klien/server.
·         Setiap komputer desktop berfungsi sebagai klien.
·         Setiap klien mengirim permintaan data ke server.
·         Server kemudian melakukan proses awal dalam database dan mengirim hanya data yang relevan ke klien untuk diproses secara lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar